133 KPM Kecamatan Banyuasin III Terima Bansos PKH 2018

BERBAGI

TVSUMSEL.COM, Banyuasin – Bupati Banyuasin , Ir. SA.Supriono MM melalui Dinas Sosial Banyuasin menyerahkan secara simbolis bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I Tahun 2018 kepada 133 Keluarga Penerima Manfa’at (KPM) se – Kecamatan Banyuasin III. Kabupaten Banyuasin. Jum”at (02/03).

Penyererahan tersebut dihadiri Pendamping Sosial PKH Kecamatsn Banyuasin III, Korkab PKH Kementrian Sosial RI Kabupaten Banyuasin, Deni Henata S.Sos ,Kepala Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin yang diwakili Kabid Linjamsos Riduan S.Pd, M.SI didampingi Kasubid Jaminan Sosial Keluarga Sejaterah Alex SH, dan Kepala Bank BRI Pangkalan Balai, Imam.

Acara Penyerahan Bantuan Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) tahap pertama di simboliskan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Hasmi S.Sos, M.Si yang diwakili Kabid Linjamsos (Perlindungan Jaminan Sosial) Riduan S.Pd M.Si yang di dampingi Kasubid Jaminan Sosial Keluarga Sejahtera Alex SH yang bertempat di Bank BRI Pangkalan Balai.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Banyuasin yang disampaikan Kepala Dinas Sosial Hasmi S.Sos, M.Si yang diwakili Kabid Linjamsos Riduan S.Pd, M.Si ,menyampaikan sambutannya dihadapan 133 warga masyarakat penerima bahwa program tersebut merupakan program Presiden RI melalui Kementerian Sosial yang disalurkan untuk keluarga miskin, yang terdaftar dalam data terpadu penanganan fakir miskin.

“Bantuan sosial ini kita salurkan secara non tunai melalui buku tabungan dan ATM KKS yang berfungsi sebagai kartu debit/ATM. Kartunya diserahkan langsung oleh Bank BRI didampingi oleh pendamping PKH setiap kecamatan,” kata dia.

Selanjutnya Riduan juga mengemukakan bahwa, Keluarga Penerima Manfaat bisa langsung mencairkan melalui mesin ATM/agen terdekat sejumlah Rp. 500.000 per tahap sebanyak 4 tahapan pencarian dalam 1 tahun.

“Saya berharap bantuan yang diterima dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat,” terang dia.

Program ini lanjut dia, adalah program yang sangat mulia kerena bapak presiden kita mengetahui bahwa masih banyak masyarakat, khususnya di Banyuasin ini yang masih butuh perhatian, bimbingan, dan bantuan,

“Meskipun ini merupakan program pusat melalui Kementerian Sosial, tetapi saya mewakili Bupati Banyuasin dan Kepala Dinas Sosial Banyuasin, juga mengucapkan terima kasih kepada tim koordinator dan fasilitator Kabupaten Banyuasin. “Tak bisa kita pungkiri bahwa data penerima bansos ini tidak lepas dari peran koordinator dan fasilitator kabupaten,” jelas dia.

Sementara itu Korkab PKH Kementrian Sosial RI Kabupaten Banyuasin Deni Henata S Sos dalam penyampaiannya mengatakan bahwa ini adalah Penyaluran Tahap 1 bagi KPM PKH Pengembangan Tahun 2018, Non Tunai melalui Mitra Lembaga bayar PKH, ialah Bank BRI.

“Saya berharap bantuan Sosial PKH ini benar – bebar dapat diperuntukan bagi kebutuhan dan keperluan anak – anak sekolah, anak balita, ibu hamil, Disabilitas dan lansia,”ujar dia dihadapan ratusan KPM PKH.

Dikatakan dia bahwa saat ini untuk tahap pertama se – Kecamatan Banyuasin III sebanyak 133 penerima KPM PKH akan menerima bantuan sosial secara non tunai mulai bulan Maret 2018. Metode pencairan bansos non tunai nantinya akan menggunakan Buku Tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dalam bentuk ATM. Melalui sistem penyaluran non tunai dengan menggunakan KKS, bansos dan subsidi akan langsung disalurkan ke rekening penerima manfaat.

“KKS ini dilengkapi dengan fitur saving account dan e-wallet, yakni satu kartu dapat digunakan untuk berbagai program bansos dan subsidi. Seperti PKH, Bantuan Pangan, LPG, listrik dan sebagainya,” papar dia. (Topik – Kontributor Banyuasin).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here