Latih Kader Reproduksi Dari Remaja Untuk Remaja Oleh Remaja

BERBAGI

Tvsumsel-Palembang, Dalam memberikan informasi terhadap kesehatan reproduksi pada anak binaan, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumsel menggelar program Pelatihan kader remaja pilar anak dengan mengundang beberapa mahasiswa.

Hal ini diungkapkan oleh ketua Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumsel, Amirul Husni kepada media di Hotel S One Jalan Kolonel Atmo Palembang, Kamis (13/09/2018).

“Pelatihan remaja ini untuk memberikan informasi terhadap kesehatan reproduksi anak, nanti kita ingin bersama mereka melakukan pembinaan dan kegiatan di LPKA Klas 1A Palembang,” Ungkapnya.

Dijelaskan Amirul, PKBI juga mempunyai program remaja, yaitu dari remaja untuk remaja dan oleh remaja, dalam program tersebut PKBI sengaja melibatkan mahasiswa, karena selain remaja, mereka juga mempunyai keinginan sekelompok sebaya.

“Jadi PKBI ada program remaja bagi anak di LPKA mulai umur 10-24 tahun, saya harap adek-adek mahasiswa ini bisa terlibat dalam program ini, karena jika mereka bicara berdiskusi dengan para remaja atas kelompok sebaya, maka akan lebih terbuka, ketimbang mereka berdiskusi dari yang lebih dewasa, karena terkadang mereka merasa dihakimi dan apabila mereka sebaya, akan lebih mudah terbuka,” Jelasnya.

Sementara Kepala LPKA Klas 1A Palembang, Wahyu Hidayat mengungkapkan, Semua peserta yang mengikuti pelatihan  tersebut, selain dari mantan anak didik LPKA juga diikuti oleh mahasiswa, menurutnya  kegiatan ini suatu kemajuan yang sangat berarti bagi PKBI.

“Kegiatan ini bukan hanya memperhatikan anak didik disaat sedang didalam lapas, tapi setelah mereka keluar masih terus diberikan suatu perhatian dan pembinaan tumbuh kembang  mereka seperti itu,” Ungkapnya.

Salah satu peserta pelatihan Hardiyanti Rustami dari Universitas PGRI Palembang mengatakan, Acara yang digelar PKBI ini sangat baik, karena bisa mengetahui bagaimana cara menjadi relawan yang baik terutama relawan bagi anak-anak binaan.

“Acara hari ini menurut saya sangat baik, selain mengetahui tugas PKBI dan tentang LPKA, disini juga bisa mengetahui tentang bagaimana cara menjadi relawan baik yang mengeluarkan kegiatan untuk berbagi,” Katanya.

“Terakhir dirinya berpesan khusus kepada anak-anak di LPKA Klas 1A Palembang, Agar bisa bersemangat, karena dirinya tahu keberadaan mereka di LPKA bukan atas kehendak mereka sendiri.

“Menurut saya supaya adek-adek disana agar bisa bersemangat lagi karena diri mereka berada didalam situ atas garis tangan Tuhan yang beri, tidak ada yang menginginkan mereka berada disitu baik keluarga, teman, sahabat dan masyarakat luas, mudah-mudahan mereka bisa mempelajari bagaimana cara memperbaiki diri dan meraih masa depan mereka yang lebih cemerlang,” Tutupnya.

(REPORTER Suryadinata l KAMERAWAN & EDITOR Gunawan Gun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here