Sekda Lahat Berikan Bantuan Bibit Padi Kopi dan Alat Perkebunan Kepada Kelompok Tani

BERBAGI

Editor : Jerry Ardiansyah

Tvsumsel -Lahat, Bupati Lahat Cik Ujang SH melalui Sekretaris Daerah Januarsyah Hambali SH MM, Senin (5/8/2019), didampingi Kadis Pertanian Ir.H.Agustia Budiman,MM menyerahkan bantuan bibit Padi, Kopi dan alat perkebunan kepada para Kelompok tani Lahat, Bertempat di Halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Lahat Sumatera Selatan.

Tampak hadir Sekda Lahat, Kadis Pertanian, Kadis BPMdes Kabid dari dinas Pertanian dan Perkebunan serta kelompok tani yang menerima bantuan .Adapun bantuan yang diberikan kepada kelompok Tani berupa Benih Padi, 4 unit Corn Seller, Bibit Kopi, dan bibit Mangga Arum Manis.

Kelompok tani Tunas Harapan Saharudin dari Desa Tanjung Aur Kecamtan Gumay Ulu Lahat mengatakan “kami penerima bantuan mengucapkan terima kasih atas bantuan ini, semoga seluruh kelompok tani dan kelompok perkebunan di Kabupaten Lahat ini dapat meningkatkan pendapatan usaha di bidang pertanian dan perkebunan .

Kepala Dinas Pertanian Ir Agustia Budiman MM mengatakan penyerahkan bantuan secara simbolis ini, untuk yang kelima kalinya dari alat pipil jagung ,sumber dananya semuanya dari APBN ,bantuan bibit kopi ,pupuk organik ,pestisida selanjutnya, juga bantuan benih padi semuanya dari APBN . ini lebih kurang 9930 hektar luas dari 17158 hektar lahan jadinya kita dapat bantuan ini lebih kurang 65% katanya .

Sekda Lahat Januarsyah Hambali SH MM mengatakan Penyerahan bantuan benih padi tanaman kopi, aIinstan jagung sesuai visi dan misi Kabupaten Lahat, kembangkan perekonomian rakyat dengan sasaran meningkatnya produksi dan produktivitas sektor pertanian . pemerintah saat ini Baik Pusat Provinsi di Kabupaten Lahat sangat perhatian dan mendukung bidang pertanian serta dalam rangka menunjang program peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan padi dan jagung termasuk juga bidang perkebunan tanaman kopi yang merupakan icon tanaman perkebunan Lahat.

Sektor pertanian khususnya dalam pemanfaatan ketahanan pangan pengentasan kemiskinan penciptaan lapangan kerja dan pemerataan pendapatan di mana sektor pertanian memiliki multifungsi yang mencakup aspek produksi serta menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Untuk mendukung Peningkatan pendapatan di sektor pertanian khususnya tanaman jagung juga membantu menambah dan model modernisasi alat pertanian Sehingga dalam berusaha tani jagung .jagung petani lebih cepat canggih efektif efesien tangguh dan mandiri selain itu juga pemerintah membantu peremajaan tanaman kopi berupa bantuan bibit tanaman kopi dan gergaji mesin ringan tambah sekda.

Sekda berpesan ” Kepada kelompok tani untum memamfaatkan bantuan ini dengan semaksimal mungkin, lakukanlah dengan musyawarah “, ujar sekda .
Di lanjutkan pemberian bantuan secara simbolis.

(Laporan : Elsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here