Kenali Sejak Dini, Tumor Tulang Rentan Menimpa Anak Dibawah Umur

BERBAGI

TvSumsel – Muara Enim, “Penyakit Tumor tulang adalah kondisi yang terjadi ketika sel-sel tulang tumbuh secara abnormal. Pertumbuhan tumor tulang dapat dibedakan menjadi tumor jinak (nonkanker) dan tumor ganas (kanker), serta dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Gejala tumor tulang perlu dikenali sejak dini, agar dapat cepat ditangani.

Meski penyebab tumor tulang masih belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor yang diduga sebagai pemicu tumbuhnya tumor pada tulang, yaitu kelainan genetik (keturunan), cedera pada tulang, dan paparan radiasi dalam intensitas yang tinggi, misalnya akibat radioterapi.

Tumor tulang terjadi ketika sel-sel tulang tumbuh secara tidak terkontrol sehingga membentuk benjolan pada tulang. Salah satu gejala yang umum dirasakan adalah nyeri yang konstan di area tumbuhnya tumor tulang. Rasa sakit ini cenderung bertambah parah ketika melakukan aktivitas yang berat, dan biasanya akan lebih terasa pada malam hari.

Selain nyeri, ada juga beberapa gejala tumor tulang lainnya yang dapat Anda alami, yaitu:
Demam,Selalu berkeringat, terutama di malam hari, Pembengkakan di sekitar area tumor,
Tulang mudah patah, meski karena cedera ringan.

Adapun Jenis- Jenis Dari Tumor tulang salah Satu nya yaitu Osteosarcoma, Tumor Ganas ini lebih umum dialami oleh anak-anak dan remaja. Tumor ganas ini biasanya muncul di tulang lutut, paha, dan tulang kering, serta dapat tumbuh dengan cepat dan menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Di Kabupaten Muara Enim sendiri, Sudah Ada Dua kasus anak anak Di bawah umur yang mengidap Penyakit tumor Ganas, Osteosarcoma, Yang kedua anak tersebut Berasal dari latar Belakang yang Kurang mampu,

– Kasus Yang Pertama

Menimpa adik kita yang Bernama Alvin Aditiya pratama, Bocah Berusia 10 tahun ini Merupakan, Putra dari Pasangan Pahtudin dan Azmiati warga Dusun 6 Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.

Saat Awak Media mengunjungi rumah Alvin,Pada hari Sabtu 01 February 2020 beberapa Minggu lalu, ia hanya bisaterbaring lemas tak berdaya di ruang keluarganya, pasalnya Alvin divonis menderita kanker tulang oleh Dokter semenjak 7 (tujuh) bulan terakhir.

Alvin Aditya Pratama , anak Ibu AZMIATI Gunung Megang (Foto : Apri)

Azmiati Ibu nya Alvin menceritakan pertama kali sebelum diketahui anak nya mengidap penyakit kanker tulang ini, awalnya mengeluh sakit di kaki kananya.

Azmiati sempat berpikir Sakit Tersebut Di Karenakan jatuh, Lantas Ia pun membawa anak nya ke tukang pijat tradisional, namun sakitnya tak kunjung sembuh dan sakitnya pun semakin menjadi yang dirasakan oleh anak saya,” kata Azmiati.

Saya membawa Alvin ke Puskesmas dan dari puskesmas dirujuk ke RDUD Muara Enim, dari hasil ronsen itulah, Alvin di ketahui mengidap kanker tulang. Atas saran dari pihak RSUD Muara Enim Alvin harus dirujuk ke RSUD Muhamad Huesin Palembang, dari sinilah anak saya harus rutin menjalani kheymo Traphy.

Sampai saat ini, Anak saya sudah menjalankan 3 kali Kheymo Traphy ke Palembang, namun apa daya kondisi keluarga kami tidak mampu untuk membiayai ongkos brobatnya meskipun biayanya pengobatanya di tanggung BPJS.

“Namun jarak Rumah Sakit dari rumah sangatlah jauh butuh biaya butuh ongkos tidak sedikit,” ujar Azmiati.

– Kasus Yang Kedua

Menimpa se orang anak berusia 12 tahun yang bernama Sopli, anak dari Asnawi warga Dusun 1 Desa Simpang Tanjung, Kecamatan Belimbing Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatara Selatan.

Sopli 12 tahun anak Asnawi warga cinta kasih belimbing (Foto : Apri)

Sopli merupakan anak ketiga dari enam bersaudara yang sudah tidak sekolah lagi (putus sekolah, yang duduk dibangku kelas dua SD) dikarenakan tidak mampunya orang tuanya untuk membiayai sekolah

Menurut Asnawi orang tua dari Sopli yang berhasil hasil di wawancara i di ruang rawat inap Lematang RSUD DR. H. M Rabain Pada Rabu 02 Ferbuari 2020 kemarin, mengatakan, awal mulanya anak saya
mengeluhkan rasa sakit pada bagian kaki di karenakan jatuh.

Saat itu, saya sebagai orang tuanya berinisiatif untuk memanggil tukang urut tradisiaonal agar rasa sakitnya bisa disembuhkan, namun tidak kunjung sembuh.
Sudah berbagai cara dan upaya saya untuk mengobati kaki anak saya, namun lama kelamaan tak kunjung sembuh.

“Pernah dibawa ke rumah sakit di Prabumulih dan di rawat, namun pihak rumah sakit mengatakan anak saya di vonis kanker tulang,” kata Asnawi.

Sudah lebih kurang 4 (empat) bulan ini, anak saya mengidap penyakit kanker tulang, namun sampai saat ini belum juga ada perubahan.

“Kini sudah 5 hari dirawat RSUD DR. H. M Rabain, kesinipun kami di antar dari perangkat Desa setempat,” ungkapnya.

Kalau untuk biaya pengobatan anak saya, ada BPJS namun ongkos biaya berobatnya kami tak mampu. dengan keterbatasan dirinya yang hanya bekrja sebagai petani menyadap karet kebun orang lain, tidak mampu untuk biaya ongkos pengobatan anak saya.

Maklum pak” kami orang susah, jangankan untuk biaya ongkos pengobatan, untuk makan saja kami susah pak,” ungkapnya
sambil menangis
“Saya ingin anak saya sembuh kembali, agar bisa bermain seperti anak – anak lainya,” harapnya.

Kepala ruangan Nofi Heriyani menjelasakan, pihak Rumah Sakit sudah merawat Sopli, pihak rumah sakit sudah diambil jaringanya tinggal menunggu hasilnya pada hari Jumat ini, tinggal menunggu rekomendasi dari Dokter, kalau jaringan sudah menyebar ke seluruh tubuh apakah mau di rujuk ke Palembang atau tidak,” ucap Nofi.

“Sedangkan untuk kondisi fisik Sopli sendiri alhamdulillah sudah mulai ada perubahan semenjak di rawat di RSUD DR. H. M Rabain, kondisinya mulai membaik terhitung sudah jalan 5 hari di rawat, dan untuk hari ini kita sudah memberikan Gizi,” pungkasnya.

“Untuk menangani tumor tulang ganas, biasanya dibutuhkan tindakan khusus yang tergantung pada tingkat keparahan dan penyebaran kanker ke bagian tubuh lainnya.

Ada beberapa penanganan yang dapat dilakukan dokter untuk mengatasi kanker tulang, yaitu radioterapi, kemoterapi, tindakan bedah untuk mengangkat bagian tulang yang terkena kanker, dan amputasi.

Tumor tulang, baik jinak maupun ganas, merupakan kondisi yang tidak boleh disepelekan. Oleh karena itu, jika menemukan benjolan pada tulang atau merasakan gejala lainnya dari tumor tulang, segeralah periksakan ke dokter.

Laporan : Apri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here