PT Bukit Asam Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 Bersihkan Sungai Enim

BERBAGI

Editor : Jerry Ardiansyah

Tvsumsel – Tanjung Enim, Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) tahun 2019. PT Bukit Asam (PTBA) menggelar aksi bersih sungai massal di Sungai Enim pada hari Minggu (28/07/2019). Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Acara ini dihadiri GM UPTE Suhedi, PLH Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muara Enim Asmawi, Camat Lawang Kidul Drs Rahmad Noviar MSi, dan Sekretaris Camat Safranudin BBA.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh GM UPTE Suhedi, dihadiri Plh Kepala DLH Muaraenim Asmawi, Camat Lawang Kidul Rahmad Noviar, Sekretaris Camat H Safranudin, SM Pengelola Lingkungan PT Bukit Asam Sungkono, Koramil, dan Polsek dan ratusan peserta dari Kabupaten/Kota Muaraenim di Sumsel. Kegiatan ini didukung oleh Tim Rescue PTBA dan RS Bukit Asam Medika.

Sementara itu GM UPTE PTBA Suhedi, sangat mendukung kegiatan ini, dan jika sukses kedepan akan digelar lebih besar lagi.Tahun ini tema kita adalah Melawan Polusi Udara, sedangkan tahun kemarin tema kita adalah Mengurangi Sampah Plastik. Ini bentuk aksi nyata dan kepedulian perusahaan, sesuai dengan misi perusahaan menjadi perusahaan kelas dunia peduli lingkungan.

“Kegiatan ini adalah bentuk aksi nyata kepedulian PT Bukit Asam kepada masyarakat sekitar. Sesuatu dengan visi misi PTBA, menjadikan perusahaan kelas dunia yang peduli lingkungan,”ungkap Suhedi.

Menurut Ketua Panitia, Suryadi, kegiatan ini latar belakang selain merupakan rangkaian dari agenda perusahaan juga untuk mengajak semua lapisan masyarakat akan pentingnya air sungai sebagai sumber kehidupan terutama flora dan fauna di sungai.

Adapun kategori kegiatan, kata Suryadi, dibagi dua yakni kategori Rakit Lokal sebanyak 130 tim yang masing-masing terdiri dua personil dengan peserta dari wilayah kecamatan Lawang Kidul. Untuk kategori perahu karet peserta se-Sumsel ada 16 tim satu tim terdiri dari empat personil. Pesertanya adalah Komunitas dan perwakilan Kabupaten/Kota di Sumsel yakni Kabupaten Lahat, Pagar Alam, Banyuasin, OKU dan OKUS. Untuk peserta start dari Pulau Yahya Talang Gabus dan finish di Taman Love.

“Semua pihak saya ucapkan terimakasih, terselenggara dengan baik. Pada kesempatan ini apabila dalam pelaksanaan ada yang kurang, saya mohon maaf,” ujarnya.

Sedangkan Camat Lawang Kidul Rahmad Noviar, kegiatan ini sudah dilaksanakan yang ke dua kalinya. Saat ini, aliran Sungai Enim sudah mulai keruh, ini penyebabnya banyak faktor seperti akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di Sungai Enim serta banyaknya aktivitas pertambangan terutama dari timbunan tanah (disposal). Untuk Sampah jenis plastik untuk jangan sembarangan membuangnya karena terurainya sangat lama.

Plh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muaraenim Asmawi, pihaknya sangat mengapresiasi sekali atas pelaksanaan kegiatan ini. Kedepan harapannya untuk kontinue, bermacam-macam dan lebih luas untuk kegiatannya bukan saja batas membersihkan Sungai Enim.

Saat ini, kata Asmawi, kualitas dan kwantitas air sungai dan air tanah sudah menurun, ini akibat semakin banyak aktivitas dan jumlah penduduk yang justru meningkat sampah. Tidak hanya pemerintah dan dunia usaha yang peduli lingkungan tetapi masyarakat harus peduli masalah sampah. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here