Pangdam: Prajurit dan PNS Kodam II/Swj Harus Tetap Junjung Tinggi Netralitas TNI

BERBAGI

EDITOR : Wiranda Yudhis Arjuna

Tvsumsel – Palembang, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menegaskan kembali bahwa sikap Netralitas TNI tetap dijunjung tinggi pada Pemilihan anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan digelar secara serentak pada bulan April 2019 mendatang.

Hal tersebut, disampaikan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada Upacara Bendera bulanan yang diselenggarakan Kodam II/Swj, Senin (18/03/2019) bertempat di lapangan apel Makodam II/Swj Jalan. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Palembang.

“Saya perintahkan kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodam II/Swj untuk tetap menjunjung tinggi sikap Netralitas TNI, dari segala bentuk politik praktis dimanapun bertugas dan berada serta senantiasa membina Kemanunggalan TNI – Rakyat,” tegas Pangdam.

Pangdam juga menjelaskan bahwa, Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Pada pasal 39 disebutkan bahwa prajurit TNI antara lain dilarang terlibat dalam kegiatan menjadi anggota partai politik dan kegiatan politik praktis.

“Jangan sekali-kali turut campur dalam urusan yang bukan menjadi kewenangan TNI dan waspadai segala bentuk provokasi dari pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga memerintahkan agar seluruh Satuan jajaran Kodam II/Swj terus mencermati setiap perkembangan situasi, melakukan langkah-langkah antisipasi dan pemetaan terhadap potensi konflik di wilayah tugas masing-masing.

“Bagi personel dan satuan jajaran Kodam II/Swj yang telah disiapkan untuk melaksanakan tugas perbantuan kepada Polri dalam pengamanan Pemilu, agar benar-benar melaksanakan tugasnya secara profesional sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” pungkas Pangdam.

(Laporan : Herry Eddy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here